Anda Pengunjung

  • "Pesona" Pantai Marunda


    BEREKREASI dengan teman-teman menjadi pilihan bagus di akhir pekan. Di Indonesia banyak sekali tempat rekreasi yang sangat bagus untuk dikunjungi tapi yang pasti akan merogoh kocek kita lumayan besar. Di utara kota Jakarta ada salah satu tempat wisata yang murah meriah untuk berlibur bersama keluarga tercinta. yaitu adalah wisata pantai Marunda yang terletak di Cilincing Jakarta Utara.  Memang belum banyak yang tahu tentang tempat wisata yang satu ini, karena berada jauh di pinggir kota dan karena belum adanya perhatian khusus dari pemerintah untuk memajukan dan memanfaatkan Pantai Marunda sebagai tempat wisata yang tidak hanya di tujukan untuk masyarakat local tapi juga untuk para turis dari mancanegara.
    Beberapa kelebihan dari tempat wisata yang satu ini, selain belum banyak terjamah oleh masyarakat luas, tiket masuk ke pantai ini juga terbilang sangat murah. Hanya dengan Rp 3000 saja kita semua bisa menikmati pesona pantai Marunda seperti melihat matahari terbit dan terbenam, pengunjung juga bisa bersantap karena terdapat rumah makan panggung  dengan sajian ikan atau kerang yang pastinya cocok dengan kantong.
    Pantai ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harusnya menjadi “PR” pemeintah setempat. Yatu karena kurangnya perhatian pemerintah dan warga setempat pantai ini terlihat agak kotor karena tidak terawat. Pantai Marunda atau biasa di sebut warga sebagai pantai publik itu kini menjadi tempat rekreasi bagi warga di pesisir Marunda maupun warga Tarumajaya, Bekasi. Di sekitar pantai ada sebuah situs bersejarah, yakni Rumah Si Pitung dan masjid  tertua di Jakarta, yaitu Masjid Al Alam, masjid yang pernah menjadi tempat ibadah Si Pitung.  Adanya  cagar budaya itu menjadi nilai tambah di sekitar pantai publik tersebut.
    Sebagian dari para pengunjung yang datang ke pantai Marunda ini tidak sekedar menikmati indahnya pantai, tapi juga berwisata ke Rumah Si Pitung dan beritikaf di Masjid Al Alam. Kondisinya memang tidak  semewah atau selengkap di lokasi pantai  lain.  Para pengunjung yang datang ke sana pun sudah tahu betul tentang kondisi dan fasilitas pantai Marunda.
                Di pantai ini memang belum ada kafe, resto dengan desain yang menarik. Juga belum ada arena permainan yang mendukung keberadaan pantai untuk bisa dinikmati oleh pengunjung. Hanya beberapa perahu nelayan yang menjadi sarana hiburan pengunjung. Pengunjung dapat  berkeliling menyisir pantai Marunda hanya dengan Rp 3.000 per orang. Semua yang ada di pantai ini tampil apa adanya. Harga makanan yang dijajakan  pun terjangkau. Pengunjung anak-anak  hanya bisa menikmati ombak di pantai Marunda karena tidak ada sarana bermain.
                Sebenarnya jika pemerintah setempat mau sedikit memikirkan tentang kesejahteraan warganya harusnya pemerintah bisa segera membaharui pantai Marunda dan melengkapi fasilitas yang belum ada disana. Tujuannya bukan hanya untuk menarik minat pengunjung lokal tapi juga dari luar daerah dan mancanegara, apabila hal ini telah terwujud maka bisa dipastikan perekonomian warga setempat akan meningkat.


0 komentar:

Posting Komentar